Ayo kenalan sama SBC (Single Board Computer) Raspberry Pi

0
Raspberry Pi - Mini PC mungil dan super keren

Raspberry Pi, sering disingkat dengan nama Raspi, adalah komputer papan tunggal (single-board circuit; SBC) yang seukuran dengan kartu kredit yang dapat digunakan untuk menjalankan program perkantoran, permainan komputer, dan sebagai pemutar media hingga video beresolusi tinggi. Raspberry Pi dikembangkan oleh yayasan nirlaba, Rasberry Pi Foundation, yang digawangi sejumlah pengembang dan ahli komputer dari Universitas Cambridge, Inggris.



Pi raspberry adalah papan komputer yang sangat ramping dan kecil. Ini kira-kira seukuran kartu kredit biasa, dan berjalan pada sistem operasi berbasis linux yang disebut raspbian. Board ini dapat dianggap sebagai versi miniatur dari motherboard di CPU kita. Mungkin tidak menawarkan kemampuan pemrosesan yang sama kuatnya dengan PC biasa, tetapi dapat digunakan untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan.
Raspberry pi dapat digunakan untuk menghidupkan/mematikan relai, LED, motor, dll. Pada raspberry Pi terdapat Pin GPIO (General Purpose Input Output) dan dengan menggunakan pemrograman python (salah satu bahasa pemrograman termudah).

Sama seperti bagaimana kita perlu menghubungkan CPU kita ke monitor, keyboard, mouse, dan LAN. Raspberry pi ini juga memiliki fitur port USB untuk menghubungkan keyboard dan mouse, HDMI (High Definisi Multimedia Interface) port untuk menghubungkan monitor/TV dan port ethernet untuk menghbungkan ke jaringan LAN serta modul WIFI (ini mulai tersedia di raspberry pi versi 3). Dan raspberry pi menggunakan mikro Port USB di dalamnya, untuk mikro port ini menggunakan tegangan (5v, 1A), Untuk menghidupkan raspberry pi juga dapat menggunakan pengisi daya ponsel yang sama-sama menggunakan konektor power mikro port USB.

Sama seperti kita memiliki hard disk di komputer biasa, raspberry pi memiliki kartu SD yang berfungsi sebagai harddisk, SDcard ini merupakan jenis SDcard yang biasa digunakan pada smrtphone. OS dimuat ke kartu SD dan dicolokkan ke board raspebrry pi. Kita dapat menggunakan berbagai kartu SD kapasitas memori: 8GB, 16GB, 32GB, dll. kita dapat membeli board ini secara online dari situs populer seperti EBay atau lainnya.

Raspberry Pi memiliki dua model: model A dan model B. Secara umum Raspberry Pi Model B memiliki kapasitas penyimpanan RAM sebesar 512 MB. Perbedaan model A dan B terletak pada modul penyimpanan yang digunakan. Model A menggunakan penyimpanan sebesar 256 MB dan penyimpanan model B sebesar 512 MB. Selain itu, model B sudah dilengkapi dengan porta Eternet (untuk LAN) yang tidak terdapat di model A. Desain Raspberry Pi didasarkan pada SoC (system-on-a-chip) Broadcom BCM2835, yang telah menanamkan prosesor ARM1176JZF-S dengan 700 MHz, GPU VideoCore IV, dan RAM sebesar 256 MB (model B). Penyimpanan data tidak didesain untuk menggunakan cakram keras atau solid-state drive, melainkan mengandalkan kartu penyimpanan tipe SD untuk menjalankan sistem dan sebagai media penyimpanan jangka panjang.

Sumber bacaan : Raspberry Pi Distribution Programme - Basic Study Material
                            Raspberry Pi Beginner’s Guide - How to use your new computer



Posting Komentar

0 Komentar
Posting Komentar (0)
To Top