Belajar ESP32 bagian 1: Belajar struktur program ESP32 menggunakan WokWi

0

ESP32 adalah sebuah board mikrokontroler yang dapat digunakan untuk memprogram berbagai macam perangkat elektronik. Untuk memulai belajar ESP32, kita dapat mulai dengan mengenal tiga hal dasar dalam pemrograman ESP32 yaitu variabel global, setup, dan loop.


Variabel global
Variabel global adalah variabel yang dideklarasikan di luar dari fungsi setup dan loop. Variabel global dapat diakses dan digunakan oleh seluruh program. Pada contoh kode di bawah ini, ledPin adalah sebuah variabel global yang dideklarasikan sebagai integer dengan nilai 2.

Setup
Fungsi setup adalah fungsi yang dijalankan hanya satu kali ketika board ESP32 pertama kali dinyalakan. Fungsi setup digunakan untuk melakukan inisialisasi pin dan pengaturan awal lainnya. Pada contoh kode di atas, kita mengatur pin ledPin sebagai output menggunakan fungsi pinMode.

Loop
Fungsi loop adalah fungsi yang dijalankan secara terus-menerus selama board ESP32 masih aktif. Fungsi loop digunakan untuk menjalankan perintah-perintah yang harus diulang terus menerus seperti membaca sensor atau mengontrol perangkat elektronik. Pada contoh kode di atas, kita menghidupkan dan mematikan LED secara bergantian dengan menunggu selama 1 detik di antara keduanya menggunakan fungsi digitalWrite dan delay.

Dengan memahami konsep variabel global, setup, dan loop, kita dapat membuat program sederhana pada ESP32. Hal ini merupakan dasar untuk mengembangkan program yang lebih kompleks pada board ESP32.

Berikut adalah contoh script dasar dari ESP32 untuk menyalakan lampu LED, script berikut dimasukan pada ESP32 yang ada pada framework wokwi.com. 
// Ini adalah barisan deklarasi global nantinya akan dikenali semua fungsi
const byte led = 2;

void setup() {
  // Inisialisasi program dan hanya dilakukan sekali saja
  Serial.begin(115200);
  // Tampilan status ESP nyala
  Serial.println("Hello, ESP32! Ini project LED");
  // Pembacaan pin ESP32, pin sudah dideklarasikan di awal yaitu pin no 2
  pinMode(led, OUTPUT);
}

void loop() {
  // Bagian ini akan diakses terus menerus:
  led_nyala();
}

// Bagian ini sudah dideskripsikan di void loop led_nyala
void led_nyala() {
  // Lampu led menyala
  digitalWrite(led, HIGH);
  // Waktu delay saat lampu led nyala
  delay(1000);
  // Lampu led mati
  digitalWrite(led, LOW);
  // Waktu delay saat lampu led mati
  delay(500);
}
Buat rangkaian ESP32 dengan menyambungkan satu buah LED pada mikrokontroller ESP32, kemudian masukan script yang tertera pada ESP32 dan jalakan jika sesuai dengan sript maka lampu LED akan menyala dan mati sebentar. 

Kondisi lampu LED nyala lebih lama jika dibandingkan dengan saat kondisi lampu LED dalam kondisi mati.
Noted : Artikel ditulis menggunakan chatGPT dengan penyesuaian sedikit

Posting Komentar

0 Komentar
Posting Komentar (0)
To Top