3 Hal yang perlu di Monitoring pada System Operasi Linux

0
Salah satu tanggung jawab yang paling penting dari seorang administrator system adalah melakukan monitoring terhadap sistem mereka. Sebagai seorang administrator system harus mempunyai kemampuan untuk mengetahui apa yang terjadi pada system kapanpun dan
apapun yang terjadi. Apakah presentase pada system resources yang digunakan, command apa yang sedang berjalan, siapa yang melakukan login ke dalam system. Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang cara memonitoring system, dan beberapa kasus serta cara menyelesaikannya.


Ada 4 area utama yang sering dijadikan objek untuk monitoring, yaitu : CPU, Memory, Disk I/O, dan Jaringan. Dimana kita bisa mengetahui lebih dini tentang permasalahan yang terjadi pada system.

1. System Resources
Melakukan monitoring performance pada system merupakan sesuatu yang sangat penting. JIka performance system rendah bisa menyebabkan banyak masalah. System resources penggunaannya tinggi bisa jadi karena terlalu banyak digunakan oleh user atau system seperti email atau halaman web. Kemampuan untuk mengetahui lebih dini apa yang terjadi pada system dapat membantu kita dalam menentukan apakah system perlu diupgrade, diperbaiki, dioptimasi atau tidak.


Dan bila perlu dilakukan beberapa hal tersebut dapat dilakukan backup data/system terlebih dahulu.Berikut adalah beberapa tools/command yang sering digunakan dalam memonitor system linux.
Top
Iostat
Vmstat
Ps
Lsof

2. Filesystem Usage
Setiap system mempunyai batasan penyimpanan maupun batasan proses yang dijalankan, agar keterbatasan tersebut tidak menjadi kendala dalam menjalankan system, kita perlu tahu cara untuk menanggulanginya lebih dini. Beberapa tools/command dapat digunakan untuk mengetahui penggunaan media penyimpanan dan menejemen media penyimpanan. 

Berikut tools/command tersebut :
Df
Du
Quotas

3. Monitoring Users
Dimana kita ingin mengetahui tentang apa yang dilakukan oleh orang terhadap system kita. Mungkin ingin mengetahui seberapa besar penggunaan RAM atau aktifitas CPU. Kita ingin mengetahui siapa yang masuk ke dalam system kita, apa yang mereka jalankan, dan aplikasi apa yang mereka jalankan. 


Berikut tools/command yang digunakan untuk melakukan
monitoring users :
Who
Ps
W
Skill
Nice
Renice

Posting Komentar

0 Komentar
Posting Komentar (0)
To Top