Tutorial instalasi aplikasi Cloud Software as a Service (SaaS) FengOffice

0

SaaS (software as a service)
SaaS (software as a service atau perangkat lunak berbentuk layanan) adalah suatu model penyampaian aplikasi perangkat lunak oleh suatu vendor perangkat lunak yang mengembangkan aplikasi web yang diinangi dan dioperasikan (baik secara mandiri maupun melalui pihak ketiga) untuk digunakan oleh pelanggannya melalui Internet (wikipedia).


Software as a service atau yang disingkat saas adalah perangkat lunak yang bisa digunakan dan diakses melalui internet tanpa harus melakukan pembelian program atau sistem, serta perangkat keras. Karena berada pada server dengan basis cloud, Anda tidak perlu mengunduh perangkat lunak jika ingin menggunakannya atau melakukan pembaharuan sistem.

Aplikasi SaaS (software as a service)
a) Dropbox
Ini merupakan salah satu cloud-based software yang cukup populer di Indonesia, aplikasi ini memungkinkan Anda menyimpan berbagai file di penyimpanan Dropbox. Aplikasi ini bisa Anda integrasikan dengan PC maupun smartphone Anda. 

b) Google Apps
Google juga memiliki cloud-based software dan mengelompokannya sebagai Google Apps. Google Apps sendiri terdiri dari Google Docs, Google Slides, Google Sheets, Google Drive, Google Meets, Google Form, Gmail, dll. Aplikasi yang cukup menonjol sebagai cloud-based software yaitu Google Docs, Google Slides, dan Google Sheets. 

c) Hubspot
Hubspot merupakan vendor SaaS yang menyediakan aplikasi spesifik untuk menunjang berbagai kebutuhan digital marketing. Misalnya, aplikasi CRM (Customer Relationship Management), aplikasi content management, aplikasi marketing hub, dll.

d) Lumen5
Ini merupakan aplikasi editing video berbasis cloud. Aplikasi ini umumnya dimanfaatkan oleh perusahaan untuk membuat konten marketing berbasis video. 

e) FengOffice
Feng Office adalah alat manajemen proyek dan kolaborasi online free dan open-source yang ditulis dalam PHP. Feng Office menyediakan beragam fitur termasuk, ask Management, Time Tracking, Gantt Chart, Knowledge Management, Calendar, Timesheet, Automatic alerts, dan banyak lagi. Feng Office memiliki tiga edisi, Community, Professional, dan Enterprise. 


Proses instalasi fengoffice
1. Login sebagai user
2. Masuk ke TTY1 dengan menekan Ctrl-Alt-F1  dan lakukan percobaan-percobaan di bawah ini.  

Percobaan 1 : Install Dependencies pendukung
1. Install php, apache2, mariadb
$ sudo apt update
$ sudo apt-get install software-properties-common ca-certificates apt-transport-https
$ sudo apt-get install mariadb-server
$ sudo apt-get install apache2
$ sudo apt-get install -y wget unzip
$ sudo apt-get install php7.4 php7.4-mysql php7.4-curl php7.4-json php7.4-cgi libapache2-mod-php7.4 php7.4-mcrypt php7.4-xmlrpc php7.4-gd php7.4-mbstring php7.4-common php7.4-soap php7.4-xml php7.4-intl php7.4-cli php7.4-ldap unzip php7.4-zip wget php7.4-readline php7.4-imap php7.4-tidy php7.4-recode php7.4-sq

2. Install paket dependencies untuk fengoffice
$ sudo apt-get install catdoc xpdf ghostscript imagemagick wkhtmltopdf

3. Setting php.ini di /etc/php7.4/cli/php.ini 
$ sudo vi /etc/php7.4/cli/php.ini
date.timezone = Asia/Jakarta
max_execution_time = 300
max_input_time = 300
memory_limit = 512M
post_max_size = 128M
upload_max_filesize = 128M
html_errors = Off
display_startup_errors = Off
log_errors = On
output_buffering = Off

4. Setting php.ini di /etc/php/7.4/apache2/php.ini
$ sudo vi /etc/php/7.4/apache2/php.ini
max_execution_time = 300
max_input_time = 300
memory_limit = 512M
post_max_size = 128M
upload_max_filesize = 128M
html_errors = Off
display_startup_errors = Off
log_errors = On
output_buffering = Off

5. Setting MariaDB database server, berikut command untuk mengatur password baru
$ sudo mysql_secure_installation
Jika MariaDB sebelumnya telah ada passwordnya, ikuti command berikut
$ sudo mysql -u root
UPDATE mysql.user SET plugin = ‘labelektro' WHERE User = 'root';
FLUSH PRIVILEGES;
QUIT;

6. Restart MariaDB dan apache2 dan cek status kedua aplikasi ini
$ sudo systemctl restart apache2
$ sudo systemctl restart mariadb
$ sudo systemctl status apache2
$ sudo systemctl status mariadb

7. Buat database untuk aplikasi storage fengoffice
$ mysql -uroot -p
CREATE DATABASE fengdb;
GRANT ALL PRIVILEGES ON fengdb.* TO 'root'@'localhost' IDENTIFIED BY 'labelektro' WITH GRANT OPTION;
FLUSH PRIVILEGES;
EXIT; 

Percobaan 2 : Download aplikasi fengoffice
1. Download file installer aplikasi fengoffice
$ cd /home/labelektro
$ wget -O fengoffice.zip --no-check-certificate https://www.fengoffice.com/web/reference.php?dest=latest_version
Ekstrak file installer nextcloud dengan perintah berikut
$ unzip fengoffice.zip

2. File installer yang telah diekstrak pindahkan kedalam folder /var/www/html
$ sudo mv fengoffice-3.7.0.5 /var/www/html/fengoffice
Ganti owner dan permission folder aplikasi fengoffice dengan www-data:www-data
$ sudo chown -R www-data:www-data /var/www/html/fengoffice
$ sudo chmod -R 777 /var/www/html/fengoffice

Percobaan 3 : Install aplikasi fengoffice
1. Setting virtual host untuk apache server yang digunakan oleh aplikasi fengoffice dengan membuat konfigurasi file berikut.
$ sudo vi /etc/apache2/sites-available/feng.conf

2. Isi file konfigurasi apache2 web server tersebut dengan script berikut ini.
<VirtualHost *:80>
     DocumentRoot /var/www/html/fengoffice
     <Directory /var/www/html/fengoffice/>
          Options FollowSymlinks
          AllowOverride All
          Require all granted
     </Directory>
     ErrorLog ${APACHE_LOG_DIR}/error.log
     CustomLog ${APACHE_LOG_DIR}/access.log combined
</VirtualHost>

3. Enable konfigurasi nextcloud yang telah diset pada Langkah 2, dengan perintah berikut.
$ sudo a2ensite feng.conf
$ sudo a2enmod rewrite
$ sudo  a2enmod headers
$ sudo systemctl restart apache2
4. Setelah proses restart apache2, akses url http://localhost atau http://<ip server> di browser kemudian lakukan proses instalasi.


Posting Komentar

0 Komentar
Posting Komentar (0)
To Top