Model dan Settingan interface di VMware

1
VMware Workstation merupakan sebuah perangkat lunak mesin virtual untuk arsitektur komputer x86 dan x86-64 dari VMware, aplikasi ini dikembangkan oleh EMC Corporation. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat banyak komputer virtual baik yang arsitekturnya x86 maupun x86-64. Setiap mesin virtual tersebut bisa menjalankan sistem operasi yang dipilih, seperti Windows, Linux, varian BSD dan lain sebagainya. Dalam arti yang sederhana, VMware workstation bisa menjalankan banyak sistem operasi secara simulatan dengan menggunakan satu fisik mesin (Wikipedia

Pada aplikasi VMware Workstation terdapat settingan networking sendiri sesuai dengan kebutuhan pada saat kita melakukan simulasi, baik simulasi antar virtual machine maupun antar virtual machine dengan real machine. Adapun jenis-jenis settingan network yang ada pada VMware Workstation adalah : Bridge, NAT, dan Host only.

Bridge
Merupakan model network connection ini difungsikan untuk menjembatani Virtual Machine supaya bisa terhubung ke real network. IP Address yang diterima VM akan satu segment dengan real network dan bisa saling berkomunikasi antar keduanya. Jaringan bridge pada vmware workstation hanya akan muncul jika PC/Laptop kita mengenali driver LAN, Wi-Fi, Bluetooth. 


Bridged sederhananya adalah ngebridging Guest VM ke jaringan real (maksudnya jaringan yang terhubung secara langsung dengan interface fisik Host VM). Jadi seolah-olah Guest VM menjadi PC yang nyata ada di jaringan real. Misal di jaringan real (yg terhubung dg Host VM) ada DHCP maka Guest VM ini bakal dapet DHCP juga. Flow traffiknya seperti pada gambar diatas, yaitu dari Guest VM bisa berhubungan langsung dengan perangkat di jaringan real dan juga sebaliknya.

NAT (Network Address Translation)
Konsepnya NAT adalah Host VM akan mentraslasikan traffic dari NAT ke luar. Jadi Guest VM yang menggunakan network adapter NAT maka akan dapat berhubungan dengan perangkat-perangkat di network real tapi source IPnya akan ditranslasikan ke IP Host VM. Sedangkan dari luar tidak akan bisa menghubungi Guest VM karena dari luar hanya kenal sampai IP Host VM.

Host Only
Merupakan koneksi yang dapat digunakan untuk menghubungkan Guest VM dengan Host VM. Host VM akan membuat virtual adapter yang digunakan untuk berhubungan dengan Guest VM. Di Host Only ini ada fitur service DHCP bawaan juga yang bisa dienable/disable.

Ditulis Oleh : lamone.my.id,

Posting Komentar

1 Komentar
Posting Komentar
To Top