Spesifikasi Komputer untuk Gaming

0
Game atau permainan adalah suatu hiburan bagi kebanyakan orang untuk hanya sekedar mengisi waktu luang dan bersenang-senang. Mungkin banyak orang diluar yang berpendapat bahwa gamers adalah orang yang melakukan pekerjaan yang sebenarnya, gak bermanfaat. Faktanya, stereotip seperti itu sangat salah.


Bermain game strategi, terutama, adalah hobi yang dapat meningkatkan kecerdasan otak. Bahkan saat ini sudah ada jurusan-jurusan keren yang mampu mewadahi keterampilanmu bermain game. Animasi, DKV, bahkan Teknik Informatika dan Software Engineering adalah beberapa jurusan yang dapat diawali dari hobi yang menarik ini - bermain game.

Tren Bermain Game di Kalangan Anak Muda. Adapun fenomena bermain game sebagai hobi sangat tren di kalangan anak muda. Hobi ini dapat menghilangkan stress yang dialami anak muda sebagai akibat dari tugas kuliah/sekolah, pekerjaan di kantor, rutinitas yang padat, rasa bosan saat sendirian, dan sebagai nya.

Salah satu hobi yang cenderung digandrungi kalangan muda zaman sekarang adalah bermain game online. Meski game online kerap dipandang sebelah mata, orang dengan hobi ini mampu memperoleh cuan jika melakukan pekerjaan yang sesuai.

Berdasarkan penelitian oleh C. Shawn Green, seorang psikologis dari universitas wisconsin, salah satu keuntungan bermain video game yaitu dapat meningkatkan fungsi kognitif dalam otak gamer itu sendiri, hal ini mengubah struktur otak sama dengan ketika seseorang berlatih piano, menavigasi peta, atau ketika belajar membaca.

Salah satu konten gaming yang cukup populer saat ini adalah live streaming. Konten jenis ini dianggap menarik karena game streamer dapat bermain game sekaligus berinteraksi dengan penonton selama live streaming berlangsung. Meski sempat diremehkan, peluang karier sebagai game streamer cukup menjanjikan.

Untuk mendukung kita dalam menjalani hobi maupun profesi gamer, tentu tidak bisa jauh dari kebutuhan akan hardware yang sangat mumpuni, banyak hal yang harus diperhatikan dalam memilih hardware yang dibutuhkan dalam bermain game. Berikut adalah beberapa spesifikasi yang dapat dijadikan acuan untuk memilih laptop gaming yang bagus:
  1. Processor: Pilih laptop dengan prosesor Intel Core i7 atau i9 generasi ke-11 atau AMD Ryzen 7 atau Ryzen 9 untuk kinerja yang optimal.

  2. Grafis: Untuk kinerja grafis yang optimal, pilih laptop dengan kartu grafis Nvidia GeForce RTX 3060 atau yang lebih tinggi.

  3. RAM: Minimal 16GB RAM DDR4, namun lebih baik jika memiliki 32GB RAM.

  4. Penyimpanan: Pilih laptop dengan SSD NVMe minimal 512GB atau 1TB agar dapat menjalankan game dengan lancar dan cepat.

  5. Layar: Pilih layar dengan refresh rate minimal 144Hz, dan resolusi minimal Full HD (1920 x 1080) agar dapat menikmati pengalaman gaming yang lebih baik.

  6. Cooling: Pastikan laptop memiliki sistem pendingin yang baik untuk menghindari overheating saat digunakan untuk gaming yang berat.

  7. Desain: Pilih laptop yang memiliki desain yang ergonomis, ringan, dan mudah dibawa-bawa untuk pengalaman gaming yang lebih nyaman.

  8. Keyboard: Pilih laptop dengan keyboard yang nyaman dan responsif untuk memaksimalkan pengalaman gaming Anda.

  9. Audio: Pastikan laptop dilengkapi dengan sistem audio yang baik untuk pengalaman gaming yang lebih imersif.

  10. Port: Pastikan laptop memiliki port yang cukup untuk menghubungkan perangkat seperti mouse, headset, dan lainnya.



Posting Komentar

0 Komentar
Posting Komentar (0)
To Top